Home » » Sang Legenda Bill Gates Kembali Aktif di Microsoft !!!

Sang Legenda Bill Gates Kembali Aktif di Microsoft !!!


Bill Gates yang telah pensiun dari tugas aktif Microsoft sejak tahun 2000, memutuskan untuk kembali dan berusaha menyelamatkan perusahaan yang didirikannya. Bertepatan dengan pengumuman Satya Nadella menjadi CEO baru Microsoft, Bill Gates juga mengumumkan pengunduran diri sebagai Chairman Microsoft, jabatan yang sudah dipegangnya sejak tahun 2000, untuk maju menjadi penasehat teknis produk Microsoft, mengambil peranan aktif dalam pengembangan produk Microsoft di masa depan. Sewaktu menjadi Chairman Microsoft, Bill Gates memang hanya pasif melihat perkembangan Microsoft. Beliau justru lebih aktif untuk membantu Bill and Melinda Gates Foundation dalam menyelesaikan masalah sosial di dunia (contoh: menyelesaikan polio di India dan Afrika seperti foto di artikel ini). Dengan posisi barunya sebagai penasehat teknis, Bill Gates rupanya ingin membantu Microsoft keluar dari kesulitan menciptakan inovasi produk baru yang bisa menang di pasaran.

Kembalinya Bill Gates ke Microsoft ini bisa menjadi berita buruk bagi Apple, Google, dan Amazon yang berkembang sangat pesat ketika Bill menjadi Chairman. Satu produk inovatif Apple seperti iPhone bahkan mengalahkan penjualan semua produk Microsoft dijadikan satu. Bill Gates akan mendukung CEO baru, Satya Nadella, untuk mengembangkan produk-produk yang berbasiskan mobile dan cloud, menyaingi langsung Apple, Google, dan Amazon. Meskipun secara struktur organisasi sebenarnya Bill Gates yang digantikan oleh John Thompson sebagai Chairman ini turun pangkat, bagi Microsoft ini adalah langkah yang luar biasa. Bill Gates adalah orang yang berhasil merevolusi dunia dengan software dan PC. Tidak ada alasan baginya untuk tidak bisa merevolusi dunia sekali lagi, namun kali ini dengan industri mobile (smartphone) dan cloud. Dampak kembalinya Bill ke bagian teknis disambut luar biasa oleh internal Microsoft. Simbol legenda teknologi kembali memihak mereka.

Ada beberapa pihak yang juga menanggapi dengan sinis kabar kembalinya Bill Gates di dunia teknologi. Mereka meragukan komitmen Bill Gates mengingat beliau menghabiskan 14 tahun terakhir untuk berkeliling dunia, menyelesaikan polio, mengurangi kelaparan, dan berbagai masalah sosial lainnya yang tidak ada hubungannya dengan teknologi. Ketika ditanya masalah ini, Bill Gates hanya menjawab, “Saya masih suka pupuk.” Jawaban yang cenderung bercanda ini menunjukkan bahwa Bill tidak akan menanggapi serius orang-orang yang meragukannya. Dalam sambutannya ketika Satya Nadella diangkat menjadi CEO Microsoft, Bill Gates sempat menyinggung soal peran barunya ini, “Saya senang Satya (Nadella) meminta Saya untuk naik, menghabiskan waktu lebih lama untuk perusahaan, menghabiskan periode ketiga Saya untuk grup produk. Senang sekali untuk bisa menciptakan produk baru.”

Kata sambutan Bill Gates jelas sekali bahwa beliau telah siap untuk kembali ke dunia teknologi. Meskipun sudah berusia senior dan harus melawan junior-juniornya, kita tidak boleh lupa bahwa Bill Gates adalah legenda. Orang yang mampu merevolusi dunia melalui PC, menghilangkan polio dan kelaparan di India dan Afrika, serta kini akan mengambil kesempatan ketiganya untuk merevolusi dunia melalui mobile dan cloud. Legenda itu telah kembali, Bill Gates kembali aktif di Microsoft.

Source : studentpreneur (no edit)

0 komentar:

Post a Comment